Fungsi Htaccess

Bagi sahabat yang ingin melakukan modifikasi URL melalui .htaccess, berikut beberapa fungsi .htaccess dan kode script yang harus dituliskan untuk menjalankan fungsi tersebut:
( seperti yang kita tahu file.htacces berada di file manager utama untuk menampilkan keseluruhan blog kita . tepatnya di folder “public_html” )


1.    Modifikasi URL dengan mod_rewrite
Jika sahabat ingin mengubah URL dinamis seperti www.123.com/product.php?id=abc menjadi URL yang lebih statis & user friendly seperti www.123.com/product/abc.  Maka sahabat dapatmenambahkan script berikut pada .htaccess  :

RewriteEngine on
RewriteRule ^product/([^/\.]+)/?$ product.php?id=$1 [L]
2.    Mengakali query string
Website lain bisa jadi memasang link yang mengarah ke website sahabat dengan menambahkan embel-embel query string. Contohnya www.123.com/index.php?source=abc.com . Query string dapat menciptakan masalah duplikasi konten pada website sahabat yang dapat merugikan usaha SEO sahabat. Untuk mengakalinya,sahabat bisa menambah sebaris kode berikut pada .htaccess :
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^source= RewriteRule (.*) /$1? [R=301,L]
3.    Mengkonversi eksekusi file HTML ke PHP
Apabila sahabat  memiliki website HTML statis. Namun bagaimana jika suatu ketika sahabat ingin menjalankan kode PHP pada halaman HTML tersebut? Sahabat bisa menambahkan sebaris kode berikut:
AddHandler application/x-httpd-php .html
4.    Menggaanti halaman error 
Sahabat bisa mengganti halaman error yang ingin anda munculkan pada pengunjung yang mengunjungi invalid link pada Web / Blog sahabat. Caranya, pertama silakan mengupload file 404.php buatanshabat ke direktori public_html. Kemudian set default halaman error tersebut dengan menambahkan sebaris kode berikut pada .htaccess anda:
ErrorDocument 404 http://www.abc.com/404.php
5.    Redirect halaman
Satu lagi fungsi htaccess lainnya adalah mengarahkan (redirect) suatu halaman ke halaman lain. Misalnya jika ingin lama.php diarahkan ke baru.php. sahabat bisa menambah sebaris kode berikut:
redirect 301 /lama.php http://www.123.com/baru.php
6.    Mematikan directory listing
Menampilkan directory listing pada website bisa jadi salah satu masalah security / keamanan yang harus diperhatikan. Sebab file-file apa saja yang ada di web / blog sahabat bisa diketahui orang lain dengan mudah. Nah, sebaris kode berikut dapat mendisable directory listing pada web / blog sahabat :
Options –Indexes
7.    Menyembunyikan jenis file tertentu dari directory listing
Atau jika sahabat memutuskan untuk tetap membiarkan directory listing sahabat aktif , maka sahabat dapat menyembunyikan jenis file tertentu agar disembunyikan dari directory listing.
IndexIgnore *.gif *.zip *.txt
8.    Canonicalization
Trik htaccess paling umum adalah mengetahui apakah halaman home website anda memiliki masalah canonicalization atau tidak. Canonicalization adalah satu website yang halaman homenya memiliki sejumlah format URL yang berbeda. Contohnya:
www.123.com, 123.com, www.123.com/index.html, 123.com/index.html.
Canonicalization tidak bagus untuk SEO pada sebuah web / blog karena traffik menuju halaman home dihitung sebagai URL yang berbeda, meskipun isinya sama. Anda bisa mengatasi caninicalization dengan menambah script berikut pada file .htaccess anda. Script berikut akan memaksa berbagai format URL anda ke format www.abc.com:
Options +FollowSymLinks
RewriteEngine on
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^abc.com
RewriteRule (.*) http://www.abc.com/$1 [R=301,L]
RewriteCond %{THE_REQUEST} ^[A-Z]{3,9}\ /index\.html\ HTTP/
RewriteRule ^index\.html$ http://www.abc.com/ [R=301,L]
Cukup sekian artikel diatas yang bisa saya share untuk sahabat , apabila ingin mengetahui lebih lanjut tentang memodifikasi dan peran dari .htacces sahabat bisa mencari artikel melalui google.

sumber : http://www.jayahost.com/blog/2011/10/beberapa-trik-htaccess-untuk-modifikasi-url-website/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment