Instalasi & Konfigurasi serta cara menggunakan Putty (SSH)

Bagi bapak-bapak admin atau bapak-bapak yang memiliki server VPS atau memiliki akses SSH tentu saja sudah tidak asing lagi dengan kata PuTTy. Apa itu PuTTy?
PuTTy adalah sebuah program yang biasanya berjalan under windows OS yang memungkinkan bapak-bapak sekalian untuk mengakses SSH, Telnet, rlogin atau rctp. fungsi utama dari putty adalah SSH. Apa itu SSH??
SSH itu seperti telnet hanya bedanya SSH ada enkripsinya jadi tidak bisa di tap dan di baca isi yang di transfer antara client dan server. Tool ini merupakan tool wajib untuk para admin Server di Linux/Unix. Gunanya untuk remote server dan console based, jadi text mode seperti DOS. SSH juga bisa digunakan untuk tunneling, misal tunneling http, sehingga kita seolah olah browsing dari network server yg di console SSH tersebut.
Apabila bapak-bapak memiliki akses ke server dengan SSH, atau malah dengan akses root, maka server itu bisa dalam kontrol penuh kita.
Berikut adalah cara install putty, setting putty dan penggunaan PuTTy.
1. Download dan instal PuTTy versi terbaru sesuai OS dan sistem bapak dari website resmi-nya pada halaman download
 2. Install putty atau jalankan dengan mengklik dua kali pada icon PuTTy.
3. Isi kolom-kolom yang diperlukan seperti hostname / IP, SSH port dan settingan lainnya yang dirasa perlu seperti auto username login, line buffer dan Simpan settingan tersebut.


4. Setelah itu klik open, atau klik dua kali pada nama settingan yang telah bapak simpan, dalam hal ini adalah setting “bapakmu”
5. Apabila muncul kotak dialog seperti dibawah, maka klik “Yes”.
6. Kemudian selanjutnya maka akan tampil layar console, silahkan apabila bapak sudah men-setting auto data login ( dalam contoh diatas adalah “root”) maka bapak cukup memasukan passwordnya saja langsung, apabila tidak maka, bapak harus memasukan username bapak terlebih dahulu.
6. Selamat..!! bapak telah login ke dalam Shell server bapak.

Sumber : 
http://www.konsultasi-it.com/2011/05/install-dan-menggunakan-putty-ssh.html


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Unknown said...

"BAPAK-BAPAK" lha gundulmu

Unknown said...

kurang jelas gan

Unknown said...

tahik kau

Post a Comment