Login Cpanel/Webmail IP Address has changed! : Tidak Bisa Login ke cPanel dan Ini Solusinya




Akhirnya selesai juga saya transfer domain+hosting ke versi yang berbayar. Dimana sebelumnya, saya menggunakan domain+hosting yang gratisan. Dikarenakan saya akan mengikuti lomba blog di ajang Compfest, saya putuskan saja untuk membeli domain dan hosting yang berbayar. Selain itu, memiliki domain dan hostingan berbayar sudah menjadi impian saya sejak dulu, karena menurut saya ke depannya akan lebih mudah untuk melakukan manajemen terhadap database-nya. Gak lucu dong, kalau tulisan-tulisan di blog kesayangan kita hangus alias ludes seketika gara-gara memakai hosting gratisan. Berhubung kemarin saya juga punya uang jajan yang lebih, saya putuskan saja untuk membeli domain dan hosting berbayar. Dan iniilah postingan pertama saya di rumah dan alamat saya yang baru :D .

Masalah pun muncul, ketika saya hendak mengakses cPanel melalui modem CDMA saya di rumah. Muncul peringatan, “Login Cpanel/Webmail IP Address has changed!“. Saya dinyatakan menggunakan IP address yang berubah-ubah. Lumayan panik juga saya dibuatnya, saya kira password dan username yang saya masukkan salah. Ternyata masalahnya terdapat pada provider Flexi (kebetulan saya menggunakan kartu Flexi) yang kadang-kadang menggunakan IP Address yang berubah-ubah. Setelah mampir sana mampir sini, akhirnya saya menemukan caranya. Yaitu dengan menggunakan cPanelProxy. Berikut cara penggunaanya :

1. Download terlebih dahulu cPanelProxy di http://sourceforge.net/projects/cpanelproxy/
2. Setelah itu, silahkan login ke cpanel web anda dan buat sebuah subdomain baru dengan nama cpanel. Contohnya cpanel.nama-anda.com. Nah, disini anda harus menggunakan ISP dengan IP statis contohnya seperti Speedy. Dengan kata lain, anda harus meng-upload semua file tersebut bukan dengan menggunakan modem pribadi, anda bisa menggunakan jasa warnet yang menggunakan provider Speedy.
3. Kemudian upload file-file yang terdapat pada file cpanelproxy.zip (file-file cPanelProxy: htaccess, cpanelproxy.php dan php.ini) yang sudah tadi di-download ke folder subdomain yang sudah anda buat tadi. Anda dapat menggunakan FileZilla atau File Manager yang sudah tersedia di cPanel web anda.
4. Setelah proses upload selesai, anda dapat mengakses cPanel web anda melalui IP dinamis (modem) di alamat http://cpanel.domainanda.com/, tidak lagi di http://domainanda.com/cpanel.
Sekian dulu tutorial tentang trik hosting berbayar dari saya ini. Mudah-mudahan bisa berguna untuk rekan-rekan yang kebetulan juga mempunyai masalah yang sama dengan saya .

Selamat mencoba

source : http://www.baliorange.web.id/login-cpanel-webmail-ip-address-has-changed-cara-login-cpanel-pada-isp-ber-ip-dinamis/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment